Musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi pemilik bisnis cuci mobil (car wash). Karena di musim ini setiap pemilik kendaraan roda empat ingin melihat kendaraan kesayangannya selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, jumlah mobil yang kini beredar di masyarakat sudah sangat banyak. Tanpa perlu repot mencari data, hanya dengan melihat kondisi jalan raya saat ini sudah bisa menjadi cerminan banyaknya mobil di tanah air. Ada dua jenis usaha cuci mobil yang ada di masyarakat sekarang ini. Dengan sistem otomatis dan manual dengan memanfaatkan hidrolik. Omset yang dihasilkan per bulan cukup menggiurkan, bisa hingga puluhan juta rupiah.

Advertisement

Tips memulai bisnis cuci mobil untuk pemula

Tips Memulai Usaha

baca juga ” Selain mencuci mobil, bisnis rental mobil juga menguntungkan loh!

Tips pertama yang bisa diterapkan adalah dengan memilih lokasi bisnis cuci mobil yang tepat sehingga kelancaran bisnis dapat terjamin. Yang dimaksud tepat dalam hal ini adalah tidak selamanya yang tak memiliki pesaing di sekitarnya. Namun justru akan lebih baik apabila di wilayah tersebut sudah terdapat banyak “sesepuh”. Lokasi yang tepat dan bagus akan mengurangi beban biaya pemasaran yang harus dikeluarkan. Buatlah plang atau tanda tempat yang unik dan menarik serta berbeda dengan tempat cuci mobil lain yang ada di sekitar usaha Anda.

Tips memulai bisnis cuci mobil untuk pemula

Promosi dan Komunikasi

Masyarakat akan cenderung mencoba suatu jasa bisnis cuci mobil bila ada sisipan promosi yang menarik. Membuat promosi yang menarik akan menarik para konsumen dengan sendirinya. Promosi bisa dibuat dengan cara memberi diskon, undian, pemberian kejutan, dan lainnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah dengan melakukan komunikasi yang tidak biasa dan berbeda dari yang sudah dilakukan oleh para pesaing bisnis cuci mobil sebelumnya.

Advertisement

Suasana Ruang Tunggu

Datang ke tempat bisnis cuci mobil memang sangat identik dengan menunggu. Maka, desain dari ruang tunggu dari wirausaha cuci mobil harus diatur dengan konsep tertentu. Sesuaikan konsep yang diusung pada ruang tunggu dengan pangsa pasar yang dibidik. Tambahkan pula alat-alat yang mampu mengusir bosan para pelanggan seperti televisi, pemutar musik, majalah, ataupun koran. Makanan dan minuman juga sangat bisa untuk disediakan di ruang tunggu. Konsep ini bisa Anda gratiskan atau justru malah dapat menambah pemasukan Anda.

Kualitas yang Utama

Para pelanggan akan datang untuk mencuci mobilnya kembali apabila merasakan kualitas yang diberikan oleh bisnis cuci mobil Anda benar-benar bagus. Pastikan para petugas cuci bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan agar kualitas terbaik bisa tercapai. Bila pelanggan puas, mereka bisa otomatis menjadi agen promosi bisnis yang gratis. Dan hal ini akan sangat signifikan bagi perkembangan usaha cuci mobil Anda.

Excellent Service

Pelanggan masa kini sangat memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan suatu bidang jasa bisnis cuci mobil. Pelayanan yang baik bukan hanya melulu soal senyuman saja, namun harus memberikan solusi kepada para pelanggan. Sebisa mungkin buatlah standar keramahan yang berbeda dan unik daripada cuci mobil bisnis lain. Ucapan salam dan senyum bisa dijadikan sebagai pembuka, senyum, keramahan, pelayanan yang cepat dan efektif serta efisien, hingga ucapan terimakasih sangat penting pada saat pelayanan. Bila ada kesalahan yang terjadi, jangan lupa untuk memberikan permohonan maaf kepada pihak yang bersangkutan.

Bisnis cuci mobil sangat menarik untuk dijadikan ladang uang mengingat omset yang dihasilkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah tiap bulannya. Karena itu peluang ini masih sangat bisa anda jalankan selama ada niat dan modal cukup. Semoga idebisnisbaru kali ini bermanfaat untuk anda yang sedang bingung ingin memulai bisnis apa. Baca juga artikel lainnya mengenai peluang bisnis yang masih menjanjikan di zaman sekarang ini dan tunggu update selanjutnya.

Advertisement


loading...