Jika anda sedang mencari model bisnis yang menguntungkan dan mendatangkan hasil namun masih belum banyak pemainnya adalah bisnis ikan lele terpal. Bisnis ini tetap menguntungkan karena kebutuhan untuk pasokan lele setiap harinya adalah rumah makan, warung tenda dan kaki lima yang selalu menyediakan menu dari ikan yang satu ini. Tak hanya itu lele merupakan jenis ikan air tawar yang paling mudah untuk dibudidayakan dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Dengan kebutuhan yang selalu ada, sudah barang tentu anda tidak perlu takut lagi untuk memasarkan produk anda.

Advertisement

Teknik bisnis ikan lele terpal bagi pemula

Keuntungan bisnis ikan lele terpal

Bisnis lele terpal menarik untuk dijadikan peluang usaha karena memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan bisnis lele dengan metode lain. Kolam terpal lebih mudah dibuat baik di pekarangan maupun dihalaman rumah yang tidak dimanfaatkan lahannya. Agar lebih efektif anda bisa memasang pengatur volume air sehingga mempermudah penyesuaian air oleh lele tersebut. Paling penting lahan yang di gunakan bukan lahan reguler karena menggunakan terpal sehingga bisa anda pindah.

Cara Jitu Bisnis Ikan Lele Terpal dengan Cara Mudah

Secara umum keuntungan dari bisnis ikan lele terpal ini ada beberapa hal. Pertama adalah menghindari dimakan oleh mangsa dan hama seperti ikan, ular dan binatang lainnya. Adanya volume air yang mampu menfasilitasi perubahan air dan menyesuaikan ketinggian air sesuai dengan usia ikan. Bisnis ini merupakan peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai usaha besar dan usaha kecil. Tak hanya itu dengan menggunakan terpal bisa menghasilkan kualitas lele yang lebih tinggi sehingga lele tampak bersih dan seragam. Penggunaan lahan juga tak perlu menggunakan galian ataupun menggunakan kolam semen.

Langkah budidaya ikan lele terpal

Advertisement

Agar anda sukses bisnis ikan lele terpal tentunya dalam budidaya ikan lele terpal harus benar melakukannya. Bisnis ikan lele terpal tentunya tak akan bisa terjadi tanpa adanya konstruksi awal berupa membangun kolam. Kolam ini sesuai namanya dibuat dengan menggunakan terpal. Bagian dalam kolam terpal dicuci guna menghilangkan bau lem dan bau bahan kimia lainnya. Bagian dalam terpal dibilas dan dikeringkan selama satu hari. Setelah itu tambahkan air di dalam terpal hingga 80 cm kemudian tinggalkan air dalam kolam seminggu penuh, jangan lupa masukkan daun singkong atau pepaya untuk membuat air berwarna hijau. Dengan kondisi air yang berwarna hijau maka air tidak akan berbau. Lakukan penambahan dan pengurangan air kurang lebih 25 persen.

Bisnis ikan lele terpal juga harus dengan bibit lele yang sehat. Perhatikan hal ini saat memilih bibit. Pilihlah bibit yang terlihat gesit, sehat dan cergas dan warna sedikit terang. Untuk selanjutnya adalah waktu penaburan benih. Untuk menaburkan benih ada baiknya anda memasukkan bibit kedalam bak atau ember kemudian diamkan kurang lebih 30 menit untuk menyesuaikan benih dengan air kolam bakal budidaya. Selanjutnya bisa dipindahkan dan diangkat dimasukkan kedalam terpal.

Memulai bisnis ikan lele terpal tak boleh melupakan teknik menaburkan benih dengan benar. Sebaiknya untuk budidaya ikan lele terpal penebaran benih dilakukan pada pagi atau malam hari dan pastikan kondisi air stabil. Lele yang telah berusia diatas 20 hari bisa disortir dengan menggunakan bak penyortir. Jangan lupa pula mengenai masalah kualitas air. Untuk menjaga kualitas air pastikan tinggi air 20 cm untuk bulan pertama, 40 cm untuk bulan kedua dan 80 untuk bulan ketiga. Lele pada dasarnya suka dengan air yang keruh. Oleh karena itu anda perlu memberikan banyak dedaunan hijau agar warna kolam and keruh namun tidak berbau.

baca juga ” bisnis cafe lesehan modal kecil yang menguntungkan

Bisnis ikan lele terpal menguntungkan dibandingkan dengan bisnis lainnya. Cara budidaya lebih efektif dan menghasilkan dibandingkan dengan kolam semen selain biaya pembuatan kolam yang lebih menggunakan terpal juga lebih fleksibel untuk menambah atau membuat ukuran kolam sesuai selera. Nah itulah tips dari idebisnisbaru mengenai bisnis ikan lele, jangan lupa di share ya. Dan simak ide bisnis selanjutnya dengan topik yang berbeda tentunya, selamat mencoba dan semoga sukses.

Advertisement


loading...