Kenapa bisnis rumah makan sangat menjanjikan? Simak ulasan idebisnisbaru pada postingan kali ini! Sempat terpikir bahwa usaha merupakan peluang alternatif, bila orang-orang gagal dalam bidang akademis. Namun tidak semuanya seperti itu. Ada yang memang dari awal menetapkan sebuah usaha atau lebih jelasnya bisnis sebagai tujuan yang hendak dia lakukan saat sudah bekerja nantinya. Jenis bisnis pun tidak hanya satu jenis. Melainkan berbagai macam dan beragam yang ada di seluruh dunia. Bisnis paling umum menurut saya yakni bisnis rumah makan. Salah satu bisnis terbaik dalam bidang usaha. Sebab bisnis semacam ini bisa dibilang tak akan bisa basi. Awet sepanjang masa. Kuliner merupakan hal terikat dengan keberadaan manusia. Makan dan minum dibutuhkan oleh orang untuk mempertahankan eksistensialismenya.

Advertisement

cara memulai bisnis rumah makan agar maju

Tidak semua orang yang memilih jalan bisnis rumah makan berakhir dengan senyum di wajah. Banyak juga dari mereka yang telah niat untuk menjalankan bisnis ini, ketika telah sampai pada pertengahan jalan. Mereka memilih untuk melangkah mundur. Apakah karena niat mereka kurang kuat? Atau persaingan dunia kuliner terlalu berat? Atau orang tersebut tersebut telah menemukan jalan lain sebagai jalan perjuangan hidupnya? Tidak ada yang tahu. Namun sebagai pemilik usaha rumah makan, mereka tidak perlu khawatir kehabisan pelanggan. Karena setiap manusia membutuhkan makan dan minum setiap harinya. Yang perlu oleh para pemilik bisnis rumah makan soroti adalah cara menarik pelanggan.

Cara Jitu Dalam Berbisnis Rumah Makan

Dunia ini sangat besar, pengetahuan pun telah tersebar luas. Hingga kini, pasti telah banyak orang-orang yang telah berhasil dalam bisnis rumah makan ini. Dan ada pula orang-orang yang bersusah payah, membuat serangkaian tulisan tentang jerih payah usaha pemilik bisnis rumah makan yang sudah terkenal tersebut, dan menerbitkannya menjadi sebuah buku. Buku tersebut berisi perjalanan orang-orang hebat tersebut memulai karir mereka dari nol hingga mereka mencapai masa puncak kejayaan mereka. Yang saya maksud disini adalah kita bisa berguru kepada tokoh-tokoh hebat di bidang bisnis kuliner.

baca juga ” peluang usaha makanan ringan terlaris yang wajib anda coba!

cara memulai bisnis rumah makan agar maju

Selain belajar dari tokoh bisnis kuliner, kita juga harus belajar tentang marketing. Apa itu marketing? Marketing adalah pemasaran, gampangnya sebagai seorang pebisnis kita harus mengetahui alur sebuah bisnis itu seperti apa dan bagaimana. Dari situlah kita bisa menerapkan strategi untuk menjalankan bisnis rumah makan yang kita miliki melaju tanpa hambatan. Bagaimanapun marketing merupakan strategi menjual. Jika ilmu marketing yang kita miliki bagus, bisnis akan berjalan stabil bahkan bisa melambung apabila kita memang beruntung. Tak bisa disangkal, persaingan dunia bisnis bidang kuliner terbilang kejam. Banyak yang roboh namun bisa bangkit lagi. Ada pula yang roboh namun tak bisa berdiri lagi. Semoga kita termasuk golongan yang pertama.

Advertisement

Selain ilmu pemasaran anda juga harus tahu lokasi yang tepat untuk membuka sebuah rumah makan. Karena banyak orang yang tidak mengetahui suatu tempat yang potensial untuk membuka suatu usaha baru. Begitu pula pemula yang akan membuka sebuah rumah makan, terkadang sembarang tempat atau lokasi yang penting ramai ada orang lalu lalang setiap hari. Hal itu memang penting namun selain tempat yang ramai disitu juga harus dipikirkan target orang yang akan dibidik. Misal anda membuka sebuah rumah makan di sekitar kampus atau tengah kota. Itu bisa menjadi salah satu contoh persaingan yang ketat karena lahan itu memang bagus, ada kalanya anda juga melirik jalan dekat pusat keramaian yang masih bisa dilalui oleh mobil. Karena hal ini lah merupakan potensi yang cukup ringan untuk membuka suatu usaha.

Poin penting lagi ialah cita rasa dan kualitas masakan yang akan anda jual. Tentunya anda harus mengujinya terlebih dahulu, akan buka rumah makan gaya apa? Modern, padang, atau umum? Untuk tempat pusat keramaian sebaiknya memilih masakan yang umum. Karena banyak tipe orang yang berlalu lintas. Contoh simple saja, rumah makan tersebut menyediakan menu biasa seperti nasi goreng, namun di tambah dengan campuran yang cukup menarik dan bervariasi. Sepeti seafood, babat, bakso, ayam, daging, dll. Itu akan menjadi makanan umum yang tercampur menjadi modern. Dan rasa merupakan poin pertama dan terpenting yang harus diingat saat memulai bisnis rumah makan, sedangkan nomor dua adalah harga kemudian nomor tiga adalaha kenyamanan tempat dan pelayanan.

Kelebihan dan Kelemahan Berbisnis Rumah Makan

Orang setiap harinya membutuhkan makan dan minum. Mereka tak bisa hidup tanpanya. Memang ini terlihat bagus, karena akan selalu ada pelanggan dan penjualan pasti laku. Akan tetapi coba juga pikirkan, apakah orang yang datang selalu sama? Mereka selalu berbeda minggunya, atau bahkan setiap harinya. Oleh karena itu strategi cemerlang mutlak diperlukan dalam bisnis rumah makan. Maka dari itu ilmu marketting anda harus berkualifikasi apik. Selanjutnya tentang saingan. Saat kalian sudah menyelam dalam dunia bisnis, kalian akan menyadari gelombang dan arus luar biasa di dalam bisnis semacam ini. Saingan tidak selalu jadi hal yang buruk. Saingan juga bisa bermakna positif. Kita bisa menjadikannya sebagai tolak ukur, jika saingan kita lebih laku, berarti ada hal yang perlu kita perbaiki ataupun diperbarui.

Berikutnya adalah mengenai konsumen. Konsumen sebuah restoran pasti sangat bervariasi dan beragam. Baik itu dari segi usia, maupun dari segi rasa. Dari situ kita bisa membuat ide jenis makanan dalam suatu kategori yang memudahkan konsumen. Namun sebagai akibatnya, pelanggan pun seolah dibatasi oleh kepeminatan tersebut. Nah, sekian pembahasan tentang bisnis rumah makan kali ini. Bagi anda yang berminat untuk memulai bisnis ini, teguhkan niat, buatlah perencanaan yang matang, dan jangan lupa pula belajarlah ilmu marketting.

baca jua ” wow! bisnis rumahan ini omzet bisa puluhan juta sebulan!

Bisnis rumah makan dapat menjadi peluang usaha alternatif yang menjanjikan dan berbanfaat untuk semua orang. Namun tentunya modal yang dikeluarkan tidak sedikit, karena butuh tempat dan peralatan yang memadai dan cukup, selain itu pastinya butuh tenaga kerja. Anda harus mempunyai 3 dana berlapis untuk 3 bulan pertama karena pertama kali membuka merupakan waktu yang rawan untuk anda akan menyerah. Untuk bisnis ini memang diperlukan niat dan tekat yang kuat, selain itu terus belajar mencari solusi agar bisnis itu sendiri maju dan berkembang.

Itulah sepenggal motivasi dan tips untuk memulai bisnis rumah makan bagi pemula. Simak idebisnisbaru selanjutnya dengan bisnis yang terbaru dan menjanjikan, dan semoga bermanfaat.

Advertisement


loading...