Bisnis fotocopy rumahan merupakan salah satu usaha yang praktis namun menghasilkan untung yang besar. Seperti yang diketahui, hampir semua orang membutuhkan jasa ini. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga orang biasa pasti membutuhkannya. Meski sudah banyak orang yang menjalankan usaha ini, namun usaha fotocopy rumahan akan tetap mampu memberikan keuntungan apabila menerapkan beberapa strategi khusus. Tidak hanya jasa memperbanyak dokumen, namun bisnis fotocopy rumahan yang dijalankan juga bisa memberikan jasa lain seperti menjilid, scan dokumen, jasa pengetikan, mencetak foto, jasa printing, laminasi, bahkan hingga berjualan pulsa dapat dilakukan dari satu tempat saja. Selain itu, usaha rumahan fotocopy yang Anda buka juga bisa dipakai untuk menjual berbagai kebutuhan alat tulis. Sediakan pula berbagai makanan dan minuman untuk dijual kepada para pengunjung serta beberapa kursi yang bisa digunakan para konsumen agar nyaman untuk mengisi waktunya saat menunggu antrian.

Tips memulai bisnis fotocopy rumahan supaya sukses

Lokasi Strategis

Seperti yang sudah diketahui bahwa bisnis fotocopy rumahan adalah usaha yang sudah banyak orang yang memilihnya sebagai bidang usaha yang ditekuni. Maka, langkah pertama yang harus dilakukan agar usaha Anda menjadi lebih unggul daripada pendahulunya adalah dengan mencari lokasi yang strategis. Pilihlah lokasi dimana akan banyak konsumen yang menjadi incaran Anda. Misalnya saja di komplek perkantoran, daerah kampus, ataupun di sekitar sekolahan. Pemilihan lokasi yang Anda lakukan, akan memiliki peran yang cukup signifikan dalam usaha yang Anda jalankan.

baca juga ” ini dia bisnis rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan

Tips memulai bisnis fotocopy rumahan supaya sukses

Memiliki Nilai Plus

Lokasi yang strategis saja belum cukup untuk menjamin suksesnya bisnis rumahan fotocopy yang Anda jalankan. Maka dari itu, nilai plus haruslah dimiliki oleh bisnis fotocopy rumahan Anda agar berbeda dengan usaha sejenis yang sudah dijalankan oleh orang lain. Penambahan nilai ini dapat dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal, keramahan, pemberian diskon pada saat tertentu, menghargai konsumen, memberi harga yang “lebih miring” dibanding dengan toko lain, dan seterusnya. Yang paling utama adalah bila Anda memiliki karyawan, perlakukan mereka sebaik-baiknya agar kinerja menjadi sangat baik.

Menjual Faktor Pendukung

Maksudnya adalah menyediakan jasa lain yang bisa menjadi pendukung jalannya bisnis fotocopy rumahan selain fotocopy itu sendiri. Misalnya seperti menjual alat tulis dan kerja, binding, menjilid, scan dokumen, jasa pengetikan, mencetak foto, jasa printing warna, laminasi, bahkan hingga berjualan pulsa dapat dilakukan. Agar kenyamanan konsumen bisa diraih, penyediaan kursi santai dan penjualan makanan serta minuman ringan juga bisa dilakukan. Yang pasti, jangan lupa untuk selalu berinovasi pada usaha yang dijalankan.

Penyesuaian Antara Modal dengan Kebutuhan

Modal yang dimaksud disini adalah modal utama yang dibutuhkan dalam bisnis fotocopy rumahan, yakni mesin foto copy. Mesin foto copy yang akan Anda beli sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan usaha yang Anda rintis. Apabila lokasi yang Anda pilih dan pangsa pasar yang Anda pilih adalah anak sekolah, maka Anda bisa membeli mesin dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi karena kebutuhan anak sekolah terhadap fotocopy masih tidak terlalu tinggi. apabila pangsa pasar dan lokasi yang Anda ambil adalah di area kampus dan perkantoran, maka wajib bagi Anda untuk membeli mesin fotocopy yang baru dengan kapasitas serta spesifikasi mesin yang tinggi. Hal ini mengingat kebutuhan mahasiswa dan karyawan yang tinggi pula terhadap perbanyakan dokumen dan yang sejenisnya.

Bisnis fotocopy rumahan adalah bisnis yang sudah cukup banyak orang memilihnya. Namun dengan strategi khusus, bisnis ini akan tetap mampu memberikan banyak keuntungan dengan banyak pelanggan yang puas. Nah itulah tips dari idebisnisbaru mengenai peluang usaha fotocopy rumahan yang masih bisa anda jalankan di rumah. Simak ide bisnis lainnya pada postingan terbaru, semoga bermanfaat dan jangan lupa tuk share ya.

Advertisement


loading...