Tertarik dengan bisnis furniture? Anda harus memperhatikan beberapa hal yang akan saya sampaikan dibawah ini. Peminat dari bisnis furniture sendiri masih belum bisa dikategorikan banyak. Namun saya juga tidak bisa menggolongkannya ke dalam bagian yang sedikit. Akan tetapi menjadi pelaku bisnis furniture bisa jadi sangat menjanjikan. Furniture sendiri merupakan perlengkapan ataupun perabot rumah. Dan selalu saja ada rumah baru yang dibangun di setiap tempat. Disitulah perabot dibutuhkan. Namun bukan hanya rumah baru saja yang membutuhkan peran, bagi orang yang mungkin sudah bosan dengan penampilan rumahnya. Dia bisa saja mengganti perabot rumahnya dengan perabot yang baru.

Advertisement

Tips memulai bisnis furniture untuk pemula

Persiapan Bisnis Furniture

Bila anda beranggapan bahwa membuka bisnis furniture membutuhkan modal besar, mohon maaf, anggapan anda saya tidak benarkan. Dengan modal yang tidak besar alias kecil, usaha furniture sudah dapat dijalankan. Saat ini pun, sudah ada lembaga pemerintah maupun swasta yang menggelar program-program guna membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk permodalan. Bila anda memang cerdas dan cermat, manajemen serta pengelolaan keuangan bisa diatasi dan UMKM pun bisa mendapatkan omzet yang lumayan menguntungkan dan selebihnya bisa digunakan untuk pengembangan usaha.

baca juga ” tips memulai bisnis properti dengan modal yang kecil

Tips dan Prospek Bisnis Furniture Untuk Pemula

Target pasar merupakan hal krusial dalam menentukan kemana arah bisnis furniture anda. Pengusaha yang sudah berhasil bisa sukses karena analisis target pasar mereka akurat. Analisis target pasar sendiri berfungsi untuk penentuan siapa target pembeli yang bakal disasar dan bagaimana respon konsumen terhadap tawaran yang anda berikan. Target pasar pun macam-macam, seperti target pasar komersial, target pasar lokal, target pasar mancanegara dan lain-lain. Misal anda menarget pasar komersial, nanti akan ada spesifikasi furniture tertentu karena yang anda tuju adalah seperti restoran, hotel dan lain-lain.

Bagian dalam memulai Berbisnis Furniture

Advertisement

Memulai bisnis furniture bisa berjalan meskipun tenaga kerja yang anda miliki terbatas. Apabila anda merupakan orang pemula di bidang furniture, anda harus mencari seseorang kenalan yang memiliki bakat dalam bakat furniture. Kemudian anda bisa memulai bekerja, yakni dengan tenaga kerja borongan guna pembuatan furniture. Akan tetapi apabila anda sendiri memang sudah ahli dalam hal semacam ini, terjunlah sendiri dan buatlah secara mandiri furniturenya. Jika anda memang sudah menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kapasitas yang anda berikan, maka rekrut saja dia. Namun bila anda belum menemukannya dan anda masih betah bekerja secara mandiri, bertempurlah seorang diri dahulu.

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah bahan baku, tanpa bahan baku, apa yang mau anda buat? Apa yang mau anda kerjakan? Anda tak akan bisa menjalankan bisnis furniture tanpa adanya bahan baku. Namun janganlah gelisah dan khawatir. Negeri kita kekayaan alamnya sangat melimpah. Bahan baku di Indonesia sangat melimpah. Tinggal bagaimana kita bisa menentukan pembelian bahan baku yang berkualitas namun dengan harga miring. Untuk itu anda harus melakukan riset tentang penjual-penjual kayu yang ada di seluruh Indonesia. Buatlah daftar mana yang bagus dengan harga yang murah. Dengan begitu keuangan anda pun tidak terbuang percuma.

Jangan lupakan masalah tempat. Lokasi merupakan salah satu penentu laris atau tidaknya usaha kita. Tempat strategis membantu kita mudah dilirik dan mudah dikunjungi oleh para pembeli. Usahakanlah lokasi bisnis anda bukan bagian dari rumah anda. Cobalah buat bagian terpisah dari situ. Karena usaha anda tersebut bakal butuh yang namanya dokumen domisili perusahaan. Anda pun bisa bergabung ke dalam asosiasi-asosiasi industri furniture. Sedikit banyak, itu akan membantu anda dalam menjalankan bisnis furniture yang anda punyai.

Bisnis Furniture merupakan salah satu jenis bidang usaha yang mampu membuahkan laba yang lumayan. Bisnis furniture juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda bisa memulainya secara bertahap dari furniture yang hanya memerlukan bahan sedikit dan simple, setelah terlihat maju maka anda bisa membuat bisnis ini berkembang dengan menambah item item yang lebih kompleks dan unik. Dengan demikian omzet pun akan semakin meningkat seiring dengan jumlah item yang bertambah. Usahan buat semenarik mungkin furniture yang anda buat sendiri, agar bisa mendapatkan brand tersendiri untuk usaha anda.

baca juga ” bisnis ini cukup mudah karena minim karyawan dan perawatan

Nah itulah tips dan analisa memulai bisnis furniture untuk anda pemula. Setiap pelaku bisnis pasti belajar setiap resiko yang kemungkinan akan terjadi. Namun dibalik resiko itu ada kesuksesan yang menunggu. Semoga bermanfaat dan simak idebisnisbaru selanjutnya dengan pelaung usaha yang berbeda.

Advertisement


loading...