Berbisnis adalah salah satu pilihan yang kerap dipilih masyarakat karena dinilai lebih menguntungkan dan tidak perlu menunggu gaji setiap bulannya. Salah satu bisnis yang pasti memiliki pelanggan adalah bisnis sebagai perias pengantin. Maraknya salon-salon rias pengantin menjadikan mereka berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Namun, tanpa disadari bisnis fotografi wedding profesional saat ini masih sedikit padahal usaha ini saat ini banyak diminati. Terlebih dengan adanya sosial media, menjadikan setiap orang ingin mengenang semua momen yang pernah terjadi di dalam hidupnya.

Advertisement

Tips Jitu Bisnis Fotografi Wedding

Gurihnya berbisnis foto wedding

Bisnis fotografi wedding merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang dan juga menguntungkan. Modal yang digunakan untuk memulai bisnis ini relatif tidak terlalu besar. Namun, untuk memulai bisnis ini diperlukan keahlian dan juga keterampilan agar hasil foto yang dihasilkan bagus dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk menarik pelanggan baru, anda bisa memberikan paket pernikahan dan juga contoh foto-foto yang menarik yang kemudian dapat anda pasang di brosur penawaran anda. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar semuanya dapat terambil dengan sempurna.

Strategi Memulai Bisnis Fotografi Wedding

Bisnis fotografi wedding seringkali dianggap enteng oleh masyarakat, padahal untuk mendapatkan sebuah foto yang apik dan sempurna, perlu mengatur kondisi pencahayaan, menyesuaikan momentum dan lain sebagainya. Hal ini adalah hal dasar yang memang harus diketahui oleh semua fotografer jika ingin mendapatkan sebuah foto yang sempurna. Terlebih jika sudah berada di lapangan, tentu membutuhkan lebih banyak persiapan baik fisik maupun mental agar semuanya berjalan lancar. Berikut akan kami beri beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menjadi fotografer profesional.

Tips menjadi fotografer profesional

Advertisement

Bisnis fotografi wedding memang memerlukan keterampilan dan kecakapan dalam memainkan kamera. Namun, selain keterampilan tersebut anda juga harus mengetahui beberapa hal untuk menjadi seorang fotografer. Hal pertama adalah mampu membaca situasi di tempat yang akan anda ambil gambarnya. Hal ini harus anda pahami terlebih dahulu, apakah anda akan mengambil gambar untuk prewedding atau wedding atau lainnya. Kemudian pelajari juga lokasi acara atau tempat yang anda gunakan untuk pemotretan. Hal ini sangat penting karena anda dapat mengambil beberapa sudut terbaik yang sempurna untuk dijadikan foto.

Bisnis fotografi wedding yang berikutnya adalah mengetahui jumlah tamu undangan yang ada di acara tersebut. Atau jika pemotretan pra wedding, anda juga harus tahu berapa banyak teman atau kerabat yang ikut serta. Selanjutnya adalah tempat acara, apakah di luar ruangan atau di dalam ruangan. Anda juga harus mengetahui hal ini agar tidak bingung saat akan memotret. Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kamera yang anda gunakan. Pastikan kamera anda memiliki kualitas yang baik. Sebagai cadangan, siapkan juga 1 kamera lain yang digunakan untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis fotografi wedding berikutnya adalah kartu memori. Pastikan anda masih memiliki kartu memori yang cukup untuk memotret. Untuk cadangan, anda dapat menggunakan harddisk eksternal sebagai antisipasi. Selanjutnya adalah variasi lensa dan juga filter yang harus anda bawa. Agar foto lebih bagus dan bervariasi. Selanjutnya adalah tripod. Tripod sangat penting karena dapat membantu anda mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Dan yang paling penting lagi adalah baterai. Pastikan baterai dalam kondisi yang sudah terisi penuh.

baca juga ” seorang fotografer bisa membangun bisnis menguntungkan ini juga loh!

Untuk menjadi seorang fotografer yang handal memang diperlukan beberapa keahlian dan juga beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Namun jangan berkecil hati jika itu menjadi masalah anda, bergabunglah dengan komunitas fotografer di kota anda atau bisa saja di kota besar pasti banyak grup atau komunitas pecinta fotografi. Dengan demikian anda bisa belajar dan menambah teman dan banyak wawasan mengenai pemotretan. Sekian idebisnisbaru kali ini semoga bermanfaat dan baca juga pelaung bisnis yang lainnya ya.

Advertisement


loading...